Jawaban UAS Mata Kuliah "Perencanaan Pembelajaran PAI"
Nama : Windi Junianti
NIM/ NIRM : 1920210119/ 030.14.6638.19
Semester : 4 (C)
Program Pendidikan : Pendidikan Agama Islam
Bismillahirrahmanirrahim..
Pada postingan kali ini, saya akan memaparkan jawaban dari soal
Ulangan Akhir Semester (UAS) Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran PAI.
1.
Perencanaan
pembelajaran memainkan peran penting dalam memandu guru untuk melaksanakan
tugas sebagai pendidik dalam melayani kebutuhan belajar siswa-siswinya, juga
dimaksudkan sebagai langkah awal sebelum proses pembelajaran berlangsung.
Jelaskan dan analisislah pertanyaan di bawah ini:
a.
Mengapa
pembelajaran perlu perencanaan?
Jawaban : karena perencanaan dalam pembelajaran akan membantu dalam
pelaksanaan pembelajaran berlangsung dengan baik (efektif dan efisien) dan
dapat mencapai hasil yang diharapkan. Dengan perencanaan, seorang guru akan
lebih siap dengan materi dan langkah-langkah pembelajarannya. Hal ini akan
membuatnya lebih percaya diri selama proses pembelajaran. Dengan perencanaan,
waktu serta fasilitas yang tersedia untuk menunjang proses pembelajaran juga
akan dapat digunakan dengan sebaik mungkin. Mungkin bisa saja seorang guru
mengajar dengan spotanitas atau tanpa perencanaan terlebih dahulu. Namun
hasilnya tidak akan lebih baik dibandingkan dengan guru yang membuat
perencanaan terlebih dahulu. Tentunya kita menginginkan semua hal yang kita
lakukan berjalan dengan baik dan mencapai tujuan yang diinginkan. Hal itu dapat
tercapai salah satunya dengan perencanaan yang baik.
b.
Apa
yang menjadi dasar/ landasan perencanaan pembelajaran PAI?
Jawaban: dalam agama Islam, yang menjadi dasar atau landasan utama
adalah al-Qur’an, as-Sunnah, dan Ijtihad. Begitupun dalam suatu perencanaan
pembelajaran PAI, hendaknya tidak keluar dari batasan 3 hal tersebut.
c.
Bagaimana
cara merencanakan pembelajaran?
Jawaban: menentukan tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran,
mementukan materi (bahan ajar), model, serta metode yang akan digunakan dalam
pembelajaran, menentukan langkah-langkah pembelajaran, memperhatikan minat dan
kebutuhan siswa, menentukan bahan dan alat (fasilitas yang dibutuhkan dan
tersedia), dan yang terakhir menentukan jenis evaluasi (penilaian).
2.
Pelaksanaan
pendidikan Agama Islam di Sekolah/ Madrasah belum terlaksana secara optimal.
Akan tetapi, dengan upaya serius untuk mewujudkan tujuan pendidikan Nasional
dan tujuan pendidikan Agama Islam bisa dilaksanakan secara bersamaan di
sekolah, hanya sebagian kecil saja sekolah yang mampu melakukan
perubahan-perubahan dengan melakukan berbagai inovasi melalui perencanaan
pembelajaran PAI yang professional. Jelaskan upaya-upaya/ langkah-langkah apa
saja dalam perencanaan pembelajaran PAI, jelaskan menurut argumentasi Anda!
Jawaban: guru mempersiapkan segala hal yang berkenaan dengan proses
pembelajaran di kelas, persiapan pembelajaran di kelas secara umum dirumuskan
melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dalam menyusun RPP, hal yang
dilakukan adalah:
1)
Menentukan
tujuan pengajaran pendidikan Islam
2)
Menentukan
materi pengajaran/ bahan ajar
3)
Menentukan
pendekatan dan metode mengajar yang disesuaikan dengan keadaan peserta didik
4)
Menentukan
media pengajaran
5)
Evaluasi
pembelajaran
3.
Pembelajaran
tak pernah lepas dari instrumen pembelajaran dan evaluasi hasil belajar,
jelaskan dengan komprehensif pernyataan di bawah ini!
a.
Apakah
yang Anda ketahui tentang instrumen pembelajaran?
Jawaban:
instrumen pembelajaran adalah alat bantu, bahan, media, pedoman dan petunjuk
yang dipilih dan digunakan dalam kegiatan pembelajaran agar kegiatan
pembelajaran tersebut menjadi sistematis dan mudah dilaksanakan.
b.
Apa
saja bentuk-bentuk instrumen pembelajaran ?
Jawaban:
1)
Silabus
2)
Program
Tahunan
3)
Program
Semester
4)
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
5)
Kalender
Akademik
6)
Absen
7)
Jurnal
catatan perilaku siswa
8)
Penilaian
(evaluasi) : berupa tes dan non tes
c.
Bagaimana
analisis instrumen pembelajaran?
Jawaban: Instrumen
pembelajaran dibuat dengan lengkap agar bisa dijadikan referensi dalam
merancang, melaksanakan, hingga mengevaluasi suatu pembelajaran yang matang. Instrumen
pembelajaran harus memenuhi syarat sebagai berikut:
1) Instrumen
pembelajaran dibuat sesuai dengan standar proses
2) Dibuat dengan
memperhatikan perkembangan dan kebutuhan siswa
3) Seluruh
kompetensi yang ada dalam kurikulum harus dapat dicapai dengan penetapan
alokasi waktu
4) Semua
komponen dalam instrumen pembelajaran saling berkaitan
5) Mudah
diimplementasikan dalam proses pembelajaran
Analisis
Instrumen Penilaian :
Dalam
bidang pendidikan, terdapat instrumen penilaian. Instrumen penilaian ini
digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa, atau faktor-faktor yang diduga
mempunyai hubungan atau berpengaruh terhadap hasil belajar, perkembangan hasil
belajar siswa, keberhasilan proses belajar mengajar guru, dan keberhasilan
pencapaian suatu program tertentu. Analisis instrumen penilaian dapat dilakukan
dengan mengecek kesesuaian dengan kompetensi dasar dan indikator yang diukur
serta pemenuhan persyaratan baik dari ranah materi, konstruksi dan bahasa.
Apakah tes itu dapat mengukur secara tepat sesuatu yang akan diukur tersebut.
Bagaimana kesesuaian antara butir-butir soal dalam tes dengan deskripsi bahan
yang diajarkan.
d.
Bagaimana
cara mengevaluasi hasil belajar?
Jawaban:
1)
Menyusun
rencana evaluasi hasil belajar (merumuskan tujuan dilaksanakannya evaluasi,
menetapkan aspek-aspek yang akan dievaluasi, memilih dan menentukan teknik yang
akan dipergunakan dalam pelaksanaan evaluasi, menyusun alat-alat pengukur yang
akan dipergunakan dalam pengukuran dan penilaian hasil belajar peserta didik,
menentukan tolak ukur, norma atau kriteria yang akan dijadikan pegangan atau
patokan dalam memberikan interpretasi terhadap data hasil evaluasi, dan
menentukan frekuensi dari kegiatan evaluasi hasil belajar).
2)
Menghimpun
data
3)
Melakukan
verifikasi data
4)
Mengolah
dan menganalisis data
5)
Memberikan
interpretasi dan menarik kesimpulan
6)
Tindak
lanjut hasil evaluasi
4.
Jelaskan
unsur-unsur yang menentukan kualitas pembelajaran PAI di sekolah/ madrasah,
sehingga pembelajaran tersebut dapat terlaksana dengan efektif dan efisien?
Jawaban:
a.
kompetensi
guru (latar pendidikan PAI, yang memahami materi/ bahan ajar PAI)
b.
karakteristik
kelas (banyak sedikitnya jumlah peserta didik, suasana belajar yang demokratis,
fasilitas dan sumber belajar yang tersedia) dan
c.
karakteristik
sekolah (tata tertib sekolah, media pembelajaran yang dimiliki, letak geografis
sekolah, lingkungan sekolah, estetika dan etika dalam arti sekolah memberikan
perasaan nyaman, kepuasan peserta didik, bersih, rapih dan memberikan
inspirasi.
Komentar
Posting Komentar