RPPH Tema Diriku Subtema Identitasku
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH)
Kelompok
Bermain ULIL AL-BAB
Semester/ minggu/ hari ke :
1/ 1/ 1
Hari/ tanggal :
Senin/ 20 Juli 2020
Tema :
Diriku
Subtema : Identitasku/ Nama
Kelompok : A (usia 4-5 tahun)
KD yang dicapai : 1.1, 2.1, 3.3-4.3, 3.7-4.7,
3.10-4.10, 3.15-4.15
Muatan Materi:
1.
Diri
sendiri sebagai ciptaan Tuhan (NAM)
2.
Perilaku
hidup sehat (Sosem)
3.
Bermain
peran (FM)
4.
Mencocokkan
foto dengan papan nama (Kognitif)
5.
Mengungkapkan
identitas diri (Bahasa)
6.
Bahasa
reseptif (Bahasa)
7.
Membuat
karya seni yang berkaitan dengan identitas diri (Seni)
Tujuan Pembelajaran:
1.
Anak
dapat memahami diri sendiri sebagai ciptaan Tuhan
2.
Anak
dapat mengetahui perilaku hidup sehat
3.
Anak
dapat mengenal anggota tubuh
4.
Anak
dapat mengungkapkan identitas diri
5.
Anak
dapat memahami bahasa reseptif
6.
Anak
dapat membuat karya seni yang berkaitan dengan identitas diri
Langkah-langkah Kegiatan (KBM)
1.
Kegiatan
Awal (30 menit)
a.
Berdo’a
b.
Bernyanyi
dan latihan gerak
c.
Membaca
surat-surat pendek
2.
Kegiatan
Inti (60 menit)
a.
Mengamati:
anak duduk melingkar lalu berkenalan menyebut nama diri bergantian. Anak lain
menyimak ketika temannya memperkenalkan diri.
b.
Menanya:
anak melakukan proses menanya nama teman yang ada di kiri dan kanan. Dilakukan
dengan nyanyian. Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk Tanya jawab.
c.
Mengumpulkan
informasi, menalar, mengkomunikasikan
1)
Area
Bahasa
Kegiatan : Bermain tebak foto
Cara bermain :
-
Guru
meminta anak mengumpulkan foto diri
-
Guru
meletakkan foto dengan tertutup
-
Anak
diminta untuk membuka foto dan menyebutkan namanya
-
Anak
mencocokkan foto dengan temannya
-
Anak
mencari papan nama yang sesuai
2)
Area
seni/ motorik
Kegiatan : Membuat pigura
Cara bermain :
-
Guru
menyediakan alat
-
Anak
melihat contoh pigura yang sudah disediakan guru
-
Anak
membuat piguranya sendiri
-
Anak
memajang hasil karyanya
3)
Area
drama
Kegiatan : Bermain bersama teman
Cara bermain :
-
Anak
mencoba baju yang sudah disediakan
-
Anak
berkenalan
-
Anak
merencanakan sebuah permainan
-
Guru
melihat interaksi anak-anak
3.
Istirahat/
makan (30 menit)
a.
Mencuci
tangan sebelum dan sesudah makan
b.
Berdo’a
sebelum dan sesudah makan
c.
Membersihkan
tempat makan
d.
Bermain
bebas
4.
Kegiatan
Akhir (30 menit)
a.
Mengulang
nyanyian perkenalan
b.
Menceritakan
kembali kegiatan apa saja yang sudah dilakukan
c.
Bernyanyi
dan berdo’a sebelum pulang, salam
Media/ sumber belajar:
Foto diri, kertas, lem, stik eskrim, krayon, spidol, baju laki-laki
dan baju perempuan
Rencana Penilaian:
1.
Sikap
a.
Mensyukuri
dan memahami bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan
b.
Menggunakan
kata-kata sopan saat bertanya dan menjawab pertanyaan
c.
Mengetahui
perilaku hidup sehat
2.
Pengetahuan
dan keterampilan
a.
Mengetahui
dan menyebutkan nama diri sendiri
b.
Mengikuti
beberapa instruksi
c.
Menyebutkan
nama teman-temannya
d.
Menempel
stik eskrim dengan baik
Bandung, 20 Juli 2020
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
Cicin, S.Pd.I Windi
Junianti
NUPTK.
Komentar
Posting Komentar