RPPH Tema Diriku Subtema Jenis Kelamin
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH)
Kelompok
Bermain ULIL AL-BAB
Semester/ minggu/ hari ke :
1/ 1/ 2
Hari/ tanggal :
Selasa/ 21 Juli 2020
Tema :
Diriku
Subtema :
Identitasku/ Jenis kelamin
Kelompok :
A (usia 4-5 tahun)
KD yang dicapai :
1.1, 1.2, 2.1, 2.8, 3.1-4.1, 3.10-4.10, 3.12-4.12
Muatan Materi:
1.
Diri
sendiri sebagai ciptaan Tuhan (NAM)
2.
Perilaku
hidup sehat (Sosem)
3.
Bermain
peran praktek sholat (NAM dan FM)
4.
Menyebutkan
ciri-ciri laki-laki dan perempuan (Kognitif dan Bahasa)
5.
Menghitung
teman laki-laki dan perempuan di kelas (kognitif)
6.
Bahasa
reseptif (Bahasa)
7.
Membuat
karya seni yang berkaitan dengan jenis kelamin (Seni)
Tujuan Pembelajaran:
1.
Anak
dapat memahami diri sendiri sebagai ciptaan Tuhan
2.
Anak
dapat mengetahui perilaku hidup sehat
3.
Anak
dapat mengetahui ciri-ciri anak laki-laki dan perempuan
4.
Anak
dapat menyebutkan jumlah teman laki-laki dan perempuan
5.
Anak
dapat memahami bahasa reseptif
6.
Anak
dapat membuat karya seni yang berkaitan dengan jenis kelamin
Langkah-langkah Kegiatan (KBM)
1.
Kegiatan
Awal (30 menit)
a.
Berdo’a
b.
Bernyanyi
dan latihan gerak
c.
Membaca
surat-surat pendek
2.
Kegiatan
Inti (60 menit)
a.
Mengamati:
anak dibagi ke dalam dua kelompok (anak laki-laki dan perempuan). Anak diminta
mengamati temannya
b.
Menanya:
guru bertanya pada anak, anak perbedaan anak laki-laki dan perempuan, mulai
dari baju yang dipakai, rambut, dan aksesoris yang dipakai
c.
Mengumpulkan
informasi, menalar, mengkomunikasikan
1)
Area
Kognitif
Kegiatan : Menghitung jumlah anak laki-laki dan perempuan
Cara bermain :
-
Guru
meminta anak berkelompok, laki-laki dan perempuan
-
Setiap
anak dalam kelompok berpegangan tangan
-
Satu
kelompok memulai untuk berhitung, kelompok lain mengamati
-
Setiap
kelompok menyebutkan jumlah anggotanya
-
Anak
mengambil balok yang sesuai dengan jumlah anggota kelompok
2)
Area
seni/ motorik
Kegiatan : Membuat gambar anak laki-laki dan perempuan dari pola
Cara bermain :
-
Guru
menyediakan alat dan bahan
-
Anak
melihat contoh gambar yang sudah disediakan guru
-
Anak
membuat gambar dengan menempelkan pola-pola yang sudah disediakan sesuai dengan
contoh
-
Anak
memajang hasil karyanya
3)
Area
drama/ fisik motorik
Kegiatan : Pelaksanaan sholat
Cara bermain :
-
Anak
laki-laki memakai sarung dan kopiah, anak perempuan memakai mukena
-
Saf
anak laki-laki berada di depan saf anak perempuan
-
Satu
anak laki-laki menjadi imam
-
Guru
dan anak melakukan praktek sholat bersama
3.
Istirahat/
makan (30 menit)
a.
Mencuci
tangan sebelum dan sesudah makan
b.
Berdo’a
sebelum dan sesudah makan
c.
Membersihkan
tempat makan
d.
Bermain
bebas
4.
Kegiatan
Akhir (30 menit)
a.
Mengulang
nyanyian perkenalan
b.
Menceritakan
kembali kegiatan apa saja yang sudah dilakukan
c.
Bernyanyi
dan berdo’a sebelum pulang, salam
Media/ sumber belajar:
Kertas warna, lem, balok, kertas HVS, sarung, kopiah, dan mukena.
Rencana Penilaian:
1.
Sikap
a.
Mensyukuri
dan memahami bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan
b.
Menggunakan
kata-kata sopan saat bertanya dan menjawab pertanyaan
c.
Mengetahui
perilaku hidup sehat
2.
Pengetahuan
dan keterampilan
a.
Mengetahui
dan menyebutkan ciri-ciri anak laki-laki dan perempuan
b.
Mengikuti
beberapa instruksi
c.
Menghitung
jumlah anak laki-laki dan perempuan
d.
Menempel
pola dengan baik
Bandung, 21 Juli 2020
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas
Cicin, S.Pd.I Windi
Junianti
NUPTK.
Komentar
Posting Komentar