RPP PAI BP Paket C Kelas X Semester Genap "Nikmatnya Mencari Ilmu dan Indahnya Berbagi Pengetahuan
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : PKBM ULIL AL-BAB
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
Tingkat/ Derajat/ Kelas : V/ Mahir 1/ X
Semester :
Genap
Materi
Pokok : Nikmatnya Mencari Ilmu dan
Indahnya Berbagi Pengetahuan
Alokasi
Waktu : 2
Minggu x 2 Jam Pelajaran @45
Menit
A.
Kompetensi Inti
·
KI-1:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
·
KI-2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi
secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga,
sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan
regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar |
Indikator |
1.7 Meyakini bahwa menuntut ilmu adalah perintah
Allah dan Rasul-Nya. |
·
Meyakini
bahwa menuntut ilmu adalah perintah Allah dan Rasul-Nya. |
2.7 Memiliki sikap semangat keilmuan sebagai
implementasi pemahaman Q.S. at-Taubah/9: 122 dan Hadits terkait. |
·
Memiliki
sikap semangat keilmuan sebagai implementasi pemahaman Q.S. at-Taubah/9: 122
dan Hadits terkait. |
3.7 Menganalisis semangat menuntut ilmu,
menerapkan, dan menyampaikannya kepada sesama. |
·
Menganalisis
semangat menuntut ilmu, menerapkan, dan menyampaikannya kepada sesama. ·
Menjelaskan
makna isi Q.S. at-Taubah/9:122 tentang nikmatnya mencari ilmu dan indahnya
berbagi pengetahuan dengan video. |
4.7 Menyajikan kaitan antara kewajiban menuntut
ilmu, dengan kewajiban membela agama sesuai perintah Q.S. at-Taubah/9: 122 dan
Hadits terkait. |
·
Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. at-Taubah/9:122 tentang nikmatnya mencari ilmu dan indahnya
berbagi pengetahuan dengan menerapkan hukum tajwid yang benar ·
Menyajikan
kaitan antara kewajiban menuntut ilmu, dengan kewajiban membela agama sesuai perintah
Q.S. at-Taubah/9: 122 dan Hadits terkait. |
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
- Meyakini bahwa menuntut ilmu adalah perintah Allah dan Rasul-Nya.
- Memiliki sikap semangat keilmuan sebagai implementasi pemahaman Q.S. at-Taubah/9: 122 dan Hadits terkait.
- Menganalisis semangat menuntut ilmu, menerapkan, dan menyampaikannya kepada sesama.
- Menyajikan kaitan antara kewajiban menuntut ilmu, dengan kewajiban membela agama sesuai perintah Q.S. at-Taubah/9: 122 dan Hadits terkait.
D.
Materi
Pembelajaran
- Menjelaskan makna isi Q.S. at-Taubah/9:122 tentang nikmatnya mencari ilmu dan indahnya berbagi pengetahuan dengan video.
- Kaitan antara kewajiban menuntut ilmu, dengan kewajiban membela agama sesuai perintah Q.S. at-Taubah /9: 122 dan hadits terkait.
- Mendemonstrasikan bacaan Q.S. at-Taubah/9:122 tentang nikmatnya mencari ilmu dan indahnya berbagi pengetahuan dengan menerapkan hukum tajwid yang benar.
- Memberikan contoh-contoh perilaku, berdasarkan tambahan bacaan ayat al-Qur’ān dan hadits-hadits yang mendukung lainnya, Q.S. at-Taubah/9:122, Q.S. al-Mujadilah/ 58: 11 dan Q.S. al-Baqarah/ 2: 31-32 sebagai dasar dalam menerapkan nikmatnya mencari ilmu dan indahnya berbagi pengetahuan.
E.
Metode
Pembelajaran
1) Pendekatan
:
Saintifik
2) Model Pembelajaran : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
3) Metode :
Tanya jawab, wawancara, diskusi
F.
Media
Pembelajaran
Media :
- Worksheet atau lembar kerja (siswa)
- Lembar penilaian
- Al-Qur’an
Alat/Bahan :
- Penggaris, spidol, papan tulis
- Laptop & infocus
G.
Sumber
Belajar
- Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa Kelas X, Kemendikbud, tahun 2014
- Buku refensi yang relevan
- LCD Proyektor
- Video materi dan kegiatan hafidz al-Qur’an
- Lingkungan setempat
H.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan Pertama (2 x 45 Menit) |
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit) |
||||||||||||||
Guru : Orientasi v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Ø Makna
isi Q.S. at-Taubah
(9) : 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan
menyampaikan nya kepada sesama Ø Kaitan antara
kewajiban menuntut ilmu, dengan kewajiban membela agama sesuai perintah Q.S.
at-Taubah /9: 122 dan hadits terkait v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung v Mengajukan
pertanyaan Pemberian
Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung v Pembagian
kelompok belajar v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
||||||||||||||
Kegiatan
Inti ( 60 Menit ) |
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan : Selama
pembelajaran Q.S. at-Taubah (9) : 122
dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan
menyampaikan nya kepada sesama berlangsung, guru mengamati sikap siswa
dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan |
||||||||||||||
Kegiatan
Penutup (15 Menit) |
||||||||||||||
Peserta didik
: v Membuat
resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
tentang materi Q.S. at-Taubah (9) : 122
dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan
menyampaikan nya kepada sesama yang baru dilakukan. v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Q.S.
at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu,
menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama yang baru diselesaikan. Guru : v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits
terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan nya
kepada sesama. v Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits
terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan nya
kepada sesama. v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Q.S.
at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu,
menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. |
2 . Pertemuan Kedua (2 x 45 Menit) |
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit) |
||||||||||||||
Guru : Orientasi v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Ø Contoh-contoh
perilaku, berdasarkan tambahan bacaan ayat al-Qur’ān dan hadits-hadits yang
mendukung lainnya, Q.S. at-Taubah/9:122, Q.S. al-Mujadilah/ 58: 11 dan Q.S.
al-Baqarah/ 2: 31-32 sebagai dasar dalam menerapkan nikmatnya mencari ilmu
dan indahnya berbagi pengetahuan. Ø Hukum
tajwid terkait Q.S.
at-Taubah/9:122 v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung v Mengajukan
pertanyaan Pemberian
Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung v Pembagian
kelompok belajar v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
||||||||||||||
Kegiatan
Inti ( 60 Menit ) |
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran Kaitan antara
kewajiban menuntut ilmu, dengan kewajiban membela agama sesuai perintah Q.S.
at-Taubah /9: 122 dan hadits terkait berlangsung, guru mengamati sikap
siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan |
||||||||||||||
Kegiatan
Penutup (15 Menit) |
||||||||||||||
Peserta didik
: v Membuat
resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran yang baru diselesaikan. v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran. v Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran. v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik. |
I.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
1.
Uji Pemahaman
Aspek yang
dinilai |
Indikator
kemampuan |
Nilai |
Paraf Guru |
• Kelancaran dalam membaca ayat al-Qur’ān
|
• Membaca dengan lancar • Tidak melakukan kesalahan tajwid dan makhraj |
|
|
• Membaca dengan lhukum tajwid yang
sesuai |
|
|
|
• Membaca dengan makhraj yang benar |
|
|
2.
Penilaian Skala Sikap
Berilah tanda
“centang” (√) yang sesuai dengan kebiasaan kamu terhadap pernyataan-pernyataan
yang tersedia!
No |
Pernyataan |
Kebiasaan |
|||
Selalu |
Sering |
Jarang |
Tidak Pernah |
||
Skor 4 |
Skor 3 |
Skor 2 |
Skor 1 |
||
1 |
Saat
berkeinginan untuk terus belajar. |
|
|
|
|
2 |
Saya
belajar setiap hari di rumah. |
|
|
|
|
3 |
Saya
aktif di organisasi yang ada di sekolah. |
|
|
|
|
4 |
Saya
senang jika belajar dengan teman sekelas. |
|
|
|
|
5 |
Saya
membaca al-Qur’ān di rumah. |
|
|
|
|
6 |
Saya
mengerjakan Pekerjaan Rumah. |
|
|
|
|
7 |
Saya
menghormati semua guru . |
|
|
|
|
8 |
Saat
berjumpa teman, saya menyapa dengan ramah. |
|
|
|
|
9 |
Saya
bertanya kepada teman tentang pelajaran yang belum dipahami. |
|
|
|
|
10 |
Saya
mengaji di rumah. |
|
|
|
|
Nilai akhir = Jumlah skor yang
diperoleh peserta didik× 100
skor tertinggi 4
3. Penilaian “Membaca
dengan Tartil”
Rubrik
Pengamatannya sebagai berikut:
No. |
Nama Peserta Didik |
Aspek yang dinilai |
Jumlah Skor |
Nilai |
Ketuntasan |
Tindak Lanjut |
|||||
1 |
2 |
3 |
4 |
T |
TT |
R |
P |
||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang
dinilai : 1. Kelancaran Skor
25 → 100
2. Artinya
Skor 25 → 100
3. Isi Skor 25 → 100
4. Dan
lain-lain Skor dikembangkan
Skor
maksimal…. 100
Rubrik
penilaiannya adalah:
1)
Kelancaran
a) Jika peserta didik dapat membaca Q.S. at-Taubah/9:122sangat lancar, skor
100.
b) Jika peserta didik dapat membaca Q.S. at-Taubah/9:122 lancar, skor 75.
c) Jika peserta didik dapat membaca Q.S. at-Taubah/9:122 tidak lancar dan
kurang sempurna, skor 50.
d) Jika peserta didik tidak dapat membaca Q.S. at-Taubah/9:122, skor 25
2)
Arti
a) Jika peserta didik dapat mengartikan Q.S. at-Taubah/9:122 dengan benar,
skor 100.
b) Jika peserta didik dapat mengartikan Q.S. at-Taubah/9:122 dengan benar
dan kurang sempurna, skor 75.
c) Jika peserta didik tidak benar mengartikan Q.S. at-Taubah/9:122, skor
50.
d) Jika peserta didik tidak dapat mengartikan Q.S. at-Taubah/9:122, skor
25.
3)
Isi
a) Jika peserta didik dapat menjelaskan Q.S. at-Taubah/9:122 dengan benar,
skor 100.
b) Jika peserta didik dapat menjelaskan Q.S. at-Taubah/9:122 dengan
mendekati benar, skor 75.
c) Jika peserta didik dapat menjelaskan Q.S. at-Taubah/9:122 dengan tidak
benar, skor 50.
d) Jika peserta didik tidak dapat menjelaskan Q.S. at-Taubah/9:122, skor
25.
4)
Dan Lain-lain
Guru dapat mengembangkan skor tersebut jika ditemui
kriteria penilaian lain berdasarkan bentuk perilaku peserta didik pada situasi
dan kondisi yang berkembang
4. Penilaian Diskusi
Aspek dan rubrik
penilaian:
1) Kejelasan dan ke dalaman informasi
(a) Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan ke dalaman
informasi lengkap dan sempurna, skor 100.
(b) Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman
informasi lengkap dan kurang sempurna, skor 75.
(c) Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman
informasi kurang lengkap, skor 50.
(d) Jika kelompok tersebut tidak dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman
informasi, skor 25.
Contoh Tabel:
No. |
Nama Peserta
didik |
Aspek yang
Dinilai |
Jumlah Skor |
Nilai |
Ketuntasan |
Tindak Lanjut |
||
Kejelasan dan
Kedalaman Informasi |
T |
TT |
R |
R |
||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst. |
|
|
|
|
|
|
|
|
2) Keaktifan dalam diskusi
(a) Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 100.
(b) Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 75.
(c) Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi, skor 50.
(d) Jika kelompok tersebut tidak aktif dalam diskusi, skor 25.
Contoh Tabel:
No. |
Nama Peserta
didik |
Aspek yang
Dinilai |
Jumlah Skor |
Nilai |
Ketuntasan |
Tindak Lanjut |
||
Keaktifan dalam
Diskusi |
T |
TT |
R |
R |
||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst. |
|
|
|
|
|
|
|
|
3) Kejelasan dan kerapian presentasi/ resume
(a) Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan sangat jelas
dan rapi, skor 100.
(b) Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan jelas dan
rapi, skor 75.
(c) Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan sangat jelas
dan kurang rapi, skor 50.
(d) Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan kurang jelas
dan tidak rapi, skor 25.
Contoh Tabel:
No. |
Nama Peserta
didik |
Aspek yang
Dinilai |
Jumlah Skor |
Nilai |
Ketuntasan |
Tindak Lanjut |
||
Kejelasan dan
Kerapian Presentasi |
T |
TT |
R |
R |
||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst. |
|
|
|
|
|
|
|
|
5. Pengayaan
Bagi peserta didik yang sudah menguasai materi yang telah disiapkan pada
pengembangan materi “Nikmatnya Mencari Ilmu dan Indahnya Berbagi Pengetahuan”.
Peserta didik dapat melanjutkan pembelajaran untuk mengerjakan soal pengayaan
yang telah disiapkan oleh guru, berupa pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan
dengan pengembangan penerapan perilaku, atau model-model pengembangan lainnya,
khususnya yang terkait dengan pengembangan materi.
Proses pengayaan pembelajaran ini merupakan kesempatan terbaik bagi guru
untuk menerapkan semaksimal mungkin penerapan pengembangan materi pembelajaran
yang direncanakan, karena upaya memfasilitasi peserta didik dalam menciptakan
proses pembelajaran seaktif mungkin merupakan tanggung jawab guru sebagai
fasilitator dan pembimbing, agar peserta didik dapat menikmati pembelajarannya
dengan penuh kreativitas dan inovasi, dalam menerapkan perilaku menuntut ilmu.
Pengarahan dalam mengakses beragam sumber dengan menggunakan berbagai
sumber belajar perlu dilakukan, agar perserta didik menemukan pemahaman
nilai-nilai dan kualitas penghayatan dan pengamalan menuntut ilmu, dapat
diperoleh dengan baik dan benar. Kemudian guru mencatat dan memberikan tambahan
nilai bagi peserta didik yang telah berhasil dalam proses pengayaan tersebut.
6.
Remedial
Bagi peserta didik yang belum menguasai pemahaman kajian dan penerapan
menunjukkan sikap semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. at-Taubah/9:122 dan hadits terkait,
guru menjelaskan kembali materi tentang, membaca dan memahami, nikmatnya
menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama, sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. at-Taubah/9:122 dan hadits terkait tersebut, dan melakukan
penilaian kembali, dengan soal yang sejenis.
Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan,
seperti: boleh pada saat pembelajaran apabila masih ada waktu atau diluar jam
pelajaran, pada umumnya 30 menit setelah pulang sekolah.
Usahakan guru dapat menjelaskan dan menekankan kembali materi tentang
penerapan perilaku menunjukkan sikap semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya
kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. at-Taubah/9:122 dan hadits
terkait, dan kemudian guru melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis
(yang telah diujikan) atau yang dikembangkan dan setara bobotnya, sesuai dengan
situasi yang berkembang.
7.
Interaksi Guru dengan Orang Tua
Adanya interaksi guru dengan orang tua perlu dilakukan, salah satunya
adalah guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom “Evaluasi” atau guru
dapat melakukannya berdasarkan tugas-tugas dari beragam aktivitas yang diminta
kepada peserta didik untuk menanggapi, melakukan dan menyelesaikan tugas, yang
berada pada setiap kajian dalam buku teks peserta didik, kemudian orang tuanya
turut memberikan komentar dan paraf.
Dapat juga dengan menggunakan buku penghubung kepada orang tua tentang
perubahan perilaku peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau
berkomunikasi langsung, dengan pernyataan tertulis atau lewat telepon tentang
perkembangan kemampuan membaca dan memahami peserta didik, terkait dengan
materi memahami, menerapkan dan mengamalkan Q.S. at-Taubah/9:122 dan hadits
terkait, sebagai dasar kajian “Nikmatnya Mencari Ilmu dan Indahnya Berbagi
Pengetahuan”.
Untuk mengetahui keberhasilan peserta didik dalam pengamalan agamanya,
khususnya penerapan perilaku semangat menuntut ilmu, melalui pemahaman dan
pengamalan Q.S. at-Taubah/9:122 dan hadits terkait, guru dapat mengembangkannya
dengan memfasilitasi peserta didik kolom “Menerapkan Perilaku Mulia”.
Kemudian mengarahkan dan membimbing peserta didik untuk memberikan tanda
(√) pada kolom ‘selalu’, ‘sering’, ‘jarang’ atau ‘sudah
menerapkannya dengan baik’, ‘kadang-kadang menerapkannya’, ‘akan
menerapkannya’, dll (guru dapat mengembangkannya berdasarkan situasi dan kondisi)
dalam buku teks peserta didik kepada orang tuanya dengan memberikan komentar
dan paraf.
Dapat juga dengan
mengunakan buku penghubung kepada orang tua tentang perubahan perilaku peserta
didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau berkomunikasi langsung,
dengan pernyataan tertulis, atau lewat telepon tentang perkembangan perilaku
peserta didik, berkaitan dengan upaya menunjukkan sikap semangat menuntut ilmu
dan menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
at-Taubah/9:122 dan hadits terkait, terkait dengan materi, “Nikmatnya Mencari
Ilmu dan Indahnya Berbagi Pengetahuan”.
Margaasih, 1
Februari 2021
Mengetahui
Kepala
Sekolah PKBM ULIL AL-BAB Guru
Mata Pelajaran
E. Darusman, BA Windi Junianti
NIP/NRK. NIP/NRK.
Catatan Kepala Sekolah
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
Komentar
Posting Komentar