RPP PAI BP Paket C Kelas X Semester Genap "Nikmatnya Mencari Ilmu dan Indahnya Berbagi Pengetahuan

 


https://belajarbareng48.blogspot.com/2019/02/nikmatnya-mencari-ilmu-dan-indahnya.html

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan              : PKBM ULIL AL-BAB

Mata Pelajaran                    : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Tingkat/ Derajat/ Kelas      : V/ Mahir 1/ X

Semester                             : Genap

Materi Pokok                      : Nikmatnya Mencari Ilmu dan Indahnya Berbagi Pengetahuan

Alokasi Waktu                    : 2 Minggu x 2 Jam Pelajaran @45 Menit

 

A.      Kompetensi  Inti

·         KI-1:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

·         KI-2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.

·         KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

·         KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

 

B.      Kompetensi Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator

1.7 Meyakini bahwa menuntut ilmu adalah perintah Allah dan Rasul-Nya.

·         Meyakini bahwa menuntut ilmu adalah perintah Allah dan Rasul-Nya.

2.7 Memiliki sikap semangat keilmuan sebagai implementasi pemahaman Q.S. at-Taubah/9: 122 dan Hadits terkait.

·         Memiliki sikap semangat keilmuan sebagai implementasi pemahaman Q.S. at-Taubah/9: 122 dan Hadits terkait.

3.7 Menganalisis semangat menuntut ilmu, menerapkan, dan menyampaikannya kepada sesama.

·         Menganalisis semangat menuntut ilmu, menerapkan, dan menyampaikannya kepada sesama.

·         Menjelaskan makna isi Q.S. at-Taubah/9:122 tentang nikmatnya mencari ilmu dan indahnya berbagi pengetahuan dengan video.

4.7 Menyajikan kaitan antara kewajiban menuntut ilmu, dengan kewajiban membela agama sesuai perintah Q.S. at-Taubah/9: 122 dan Hadits terkait.

·         Mendemonstrasikan hafalan Q.S. at-Taubah/9:122 tentang nikmatnya mencari ilmu dan indahnya berbagi pengetahuan dengan menerapkan hukum tajwid yang benar

·         Menyajikan kaitan antara kewajiban menuntut ilmu, dengan kewajiban membela agama sesuai perintah Q.S. at-Taubah/9: 122 dan Hadits terkait.

 

C.      Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

  1.  Meyakini bahwa menuntut ilmu adalah perintah Allah dan Rasul-Nya.
  2. Memiliki sikap semangat keilmuan sebagai implementasi pemahaman Q.S. at-Taubah/9: 122 dan Hadits terkait.
  3. Menganalisis semangat menuntut ilmu, menerapkan, dan menyampaikannya kepada sesama.
  4. Menyajikan kaitan antara kewajiban menuntut ilmu, dengan kewajiban membela agama sesuai perintah Q.S. at-Taubah/9: 122 dan Hadits terkait.

 

D.      Materi Pembelajaran

  1. Menjelaskan makna isi Q.S. at-Taubah/9:122 tentang nikmatnya mencari ilmu dan indahnya berbagi pengetahuan dengan video.
  2. Kaitan antara kewajiban menuntut ilmu, dengan kewajiban membela agama sesuai perintah Q.S. at-Taubah /9: 122 dan hadits terkait.
  3. Mendemonstrasikan bacaan Q.S. at-Taubah/9:122 tentang nikmatnya mencari ilmu dan indahnya berbagi pengetahuan dengan menerapkan hukum tajwid yang benar.
  4. Memberikan contoh-contoh perilaku, berdasarkan tambahan bacaan ayat al-Qur’ān dan hadits-hadits yang mendukung lainnya, Q.S. at-Taubah/9:122, Q.S. al-Mujadilah/ 58: 11 dan Q.S. al-Baqarah/ 2: 31-32 sebagai dasar dalam menerapkan nikmatnya mencari ilmu dan indahnya berbagi pengetahuan.

 

E.      Metode Pembelajaran

1)  Pendekatan                   : Saintifik

2)  Model Pembelajaran            : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)

3)  Metode                                 : Tanya jawab, wawancara, diskusi

 

F.       Media Pembelajaran

Media :

  • Worksheet atau lembar kerja (siswa)
  • Lembar penilaian
  • Al-Qur’an

 

Alat/Bahan :

  •  Penggaris, spidol, papan tulis
  • Laptop & infocus

 

G.      Sumber Belajar

  • Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa Kelas X, Kemendikbud, tahun 2014
  • Buku refensi yang relevan
  • LCD Proyektor
  • Video materi dan kegiatan hafidz al-Qur’an
  • Lingkungan setempat

 

H.      Langkah-Langkah Pembelajaran

1 . Pertemuan Pertama (2 x 45 Menit)

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

Guru :

Orientasi

v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Aperpepsi

v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik

v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.

v Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :

Ø Makna isi Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama

Ø Kaitan antara kewajiban menuntut ilmu, dengan kewajiban membela agama sesuai perintah Q.S. at-Taubah /9: 122 dan hadits terkait

v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung

v Mengajukan pertanyaan

Pemberian Acuan

v Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.

v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung

v Pembagian kelompok belajar

v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Kegiatan Inti ( 60 Menit )

Sintak Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Stimulation

(stimullasi/

pemberian

rangsangan)

KEGIATAN LITERASI

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi dengan cara :

v Melihat

Menayangkan video yang berisi materi.

v Mengamati

Ø Lembar kerja materi.

Ø Pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari video hafidz qur’an.

v Membaca.

Ø Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama dan Kaitan antara kewajiban menuntut ilmu, dengan kewajiban m.embela agama sesuai perintah Q.S. at-Taubah /9: 122 dan hadits terkait

v Menulis

Ø Menulis rangkuman dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama dan Kaitan antara kewajiban menuntut ilmu, dengan kewajiban membela agama sesuai perintah Q.S. at-Taubah /9: 122 dan hadits terkait.

v Mendengar

Ø Pemberian materi Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama dan Kaitan antara kewajiban menuntut ilmu, dengan kewajiban membela agama sesuai perintah Q.S. at-Taubah /9: 122 dan hadits terkait oleh guru.

v Menyimak

Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :

Ø Makna isi Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama

Ø Kaitan antara kewajiban menuntut ilmu, dengan kewajiban membela agama sesuai perintah Q.S. at-Taubah /9: 122 dan hadits terkait

untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.

Problem

statemen

(pertanyaan/

identifikasi

masalah)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

v Mengajukan pertanyaan tentang materi.

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.

Data

collection

(pengumpulan

data)

KEGIATAN LITERASI

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

v Mengamati obyek/kejadian

Mengamati dengan seksama materi yang sedang dipelajari dalam bentuk video

v Membaca sumber lain selain buku teks

Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi yang sedang dipelajari.

v Aktivitas

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengamati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari.

v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

 

COLLABORATION (KERJASAMA)

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:

v Mendiskusikan

Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama dan Kaitan antara kewajiban menuntut ilmu, dengan kewajiban membela agama sesuai perintah Q.S. at-Taubah /9: 122 dan hadits terkait.

v Mengumpulkan informasi

Mencatat semua informasi tentang materi yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

v Mempresentasikan ulang

Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri mengenai materi sesuai dengan pemahamannya.

v Saling tukar informasi tentang materi :

dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Data

processing

(pengolahan

Data)

COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :

v Berdiskusi tentang data dari Materi :

v Mengolah informasi dari materi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi.

Verification

(pembuktian)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :

v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :

antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

Generalization

(menarik

kesimpulan)

COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan

v Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.

v Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentang materi dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.

v Bertanya atas presentasi tentang materi yang dilakukan oleh peserta didik lain dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

 

CREATIVITY (KREATIVITAS)

v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :

Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi

v Menjawab pertanyaan tentang materi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi yang selesai dipelajari

v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

Catatan : Selama pembelajaran Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan

Kegiatan Penutup (15 Menit)

Peserta didik :

v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama yang baru dilakukan.

v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama yang baru diselesaikan.

Guru :

v Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama.

v Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama.

v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

 

 

2 . Pertemuan Kedua (2 x 45 Menit)

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

Guru :

Orientasi

v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Aperpepsi

v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya

v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.

v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.

v Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :

Ø Contoh-contoh perilaku, berdasarkan tambahan bacaan ayat al-Qur’ān dan hadits-hadits yang mendukung lainnya, Q.S. at-Taubah/9:122, Q.S. al-Mujadilah/ 58: 11 dan Q.S. al-Baqarah/ 2: 31-32 sebagai dasar dalam menerapkan nikmatnya mencari ilmu dan indahnya berbagi pengetahuan.

Ø Hukum tajwid terkait Q.S. at-Taubah/9:122

v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung

v Mengajukan pertanyaan

Pemberian Acuan

v Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.

v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung

v Pembagian kelompok belajar

v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Kegiatan Inti ( 60 Menit )

Sintak Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Stimulation

(stimullasi/

pemberian

rangsangan)

KEGIATAN LITERASI

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi dengan cara :

v Melihat

Menayangkan video bacaan ayat al-Qur’ān dan hadits-hadits yang mendukung lainnya, Q.S. at-Taubah/9:122, Q.S. al-Mujadilah/ 58: 11 dan Q.S. al-Baqarah/ 2: 31-32.

v Mengamati

Ø Lembar kerja materi Kaitan antara kewajiban menuntut ilmu, dengan kewajiban membela agama sesuai perintah Q.S. at-Taubah /9: 122 dan hadits terkait.

Ø Pemberian contoh-contoh perilaku, berdasarkan tambahan bacaan ayat al-Qur’ān dan hadits-hadits yang mendukung lainnya, Q.S. at-Taubah/9:122, Q.S. al-Mujadilah/ 58: 11 dan Q.S. al-Baqarah/ 2: 31-32 sebagai dasar dalam menerapkan nikmatnya mencari ilmu dan indahnya berbagi pengetahuan dan hukum tajwid terkait Q.S. at-Taubah /9: 122  dari video

v Membaca.

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan materi yang sedang dipelajari.

v Menulis

Menulis rangkuman dari hasil pengamatan dan bacaan

v Mendengar

Pemberian materi oleh guru.

v Menyimak

Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :

untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.

Problem

statemen

(pertanyaan/

identifikasi

masalah)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

v Mengajukan pertanyaan tentang materi :

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.

Data

collection

(pengumpulan

data)

KEGIATAN LITERASI

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

v Mengamati obyek/kejadian

Mengamati dengan seksama materi yang sedang dipelajari dalam bentuk video yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.

v Membaca sumber lain selain buku teks

Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi yang sedang dipelajari.

v Aktivitas

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari.

v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

 

COLLABORATION (KERJASAMA)

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:

v Mendiskusikan

Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi.

v Mengumpulkan informasi

Mencatat semua informasi tentang materi yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

v Mempresentasikan ulang

Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri sesuai dengan pemahamannya.

v Saling tukar informasi tentang materi :

dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Data

processing

(pengolahan

Data)

COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :

v Berdiskusi tentang data dari Materi

v Mengolah informasi dari materi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi.

Verification

(pembuktian)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :

v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :

antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

Generalization

(menarik

kesimpulan)

COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan

v Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.

v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi

v Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.

v Bertanya atas presentasi tentang materi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

 

CREATIVITY (KREATIVITAS)

v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :

Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi

v Menjawab pertanyaan tentang materi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi yang selesai dipelajari

v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

Catatan : Selama pembelajaran Kaitan antara kewajiban menuntut ilmu, dengan kewajiban membela agama sesuai perintah Q.S. at-Taubah /9: 122 dan hadits terkait berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan

Kegiatan Penutup (15 Menit)

Peserta didik :

v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran yang baru diselesaikan.

v Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.

Guru :

v Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran.

v Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran.

v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

 

I.        Penilaian Hasil Pembelajaran

1.       Uji Pemahaman

 

Aspek yang dinilai

Indikator kemampuan

Nilai

Paraf Guru

• Kelancaran dalam membaca ayat al-Qur’ān

 

• Membaca dengan lancar

• Tidak melakukan kesalahan tajwid dan makhraj

 

 

• Membaca dengan lhukum tajwid yang sesuai

 

 

• Membaca dengan makhraj yang benar

 

 

 

2.       Penilaian Skala Sikap

Berilah tanda “centang” (√) yang sesuai dengan kebiasaan kamu terhadap pernyataan-pernyataan yang tersedia!

 

No

Pernyataan

Kebiasaan

Selalu

Sering

Jarang

Tidak Pernah

Skor 4

Skor 3

Skor 2

Skor 1

1

Saat berkeinginan untuk terus belajar.

 

 

 

 

2

Saya belajar setiap hari di rumah.

 

 

 

 

3

Saya aktif di organisasi yang ada di sekolah.

 

 

 

 

4

Saya senang jika belajar dengan teman sekelas.

 

 

 

 

5

Saya membaca al-Qur’ān di rumah.

 

 

 

 

6

Saya mengerjakan Pekerjaan Rumah.

 

 

 

 

7

Saya menghormati semua guru .

 

 

 

 

8

Saat berjumpa teman, saya menyapa dengan ramah.

 

 

 

 

9

Saya bertanya kepada teman tentang pelajaran yang belum dipahami.

 

 

 

 

10

Saya mengaji di rumah.

 

 

 

 

 

Nilai akhir = Jumlah skor yang diperoleh peserta didik× 100

skor tertinggi 4

 

3.       Penilaian “Membaca dengan Tartil”

Rubrik Pengamatannya sebagai berikut:

No.

Nama Peserta Didik

Aspek yang dinilai

Jumlah Skor

Nilai

Ketuntasan

Tindak Lanjut

1

2

3

4

T

TT

R

P

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Aspek yang dinilai : 1. Kelancaran                  Skor 25 100

                                      2. Artinya                        Skor 25 100

                                      3. Isi                                 Skor 25 100

                                      4. Dan lain-lain              Skor dikembangkan

                                      Skor maksimal….         100

 

Rubrik penilaiannya adalah:

1)         Kelancaran

a)       Jika peserta didik dapat membaca Q.S. at-Taubah/9:122sangat lancar, skor 100.

b)       Jika peserta didik dapat membaca Q.S. at-Taubah/9:122 lancar, skor 75.

c)       Jika peserta didik dapat membaca Q.S. at-Taubah/9:122 tidak lancar dan kurang sempurna, skor 50.

d)       Jika peserta didik tidak dapat membaca Q.S. at-Taubah/9:122, skor 25

 

2)         Arti

a)       Jika peserta didik dapat mengartikan Q.S. at-Taubah/9:122 dengan benar, skor 100.

b)       Jika peserta didik dapat mengartikan Q.S. at-Taubah/9:122 dengan benar dan kurang sempurna, skor 75.

c)       Jika peserta didik tidak benar mengartikan Q.S. at-Taubah/9:122, skor 50.

d)       Jika peserta didik tidak dapat mengartikan Q.S. at-Taubah/9:122, skor 25.

 

3)         Isi

a)       Jika peserta didik dapat menjelaskan Q.S. at-Taubah/9:122 dengan benar, skor 100.

b)       Jika peserta didik dapat menjelaskan Q.S. at-Taubah/9:122 dengan mendekati benar, skor 75.

c)       Jika peserta didik dapat menjelaskan Q.S. at-Taubah/9:122 dengan tidak benar, skor 50.

d)       Jika peserta didik tidak dapat menjelaskan Q.S. at-Taubah/9:122, skor 25.

 

4)         Dan Lain-lain

Guru dapat mengembangkan skor tersebut jika ditemui kriteria penilaian lain berdasarkan bentuk perilaku peserta didik pada situasi dan kondisi yang berkembang

 

4.       Penilaian Diskusi

Aspek dan rubrik penilaian:

1)       Kejelasan dan ke dalaman informasi

(a)     Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan ke dalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 100.

(b)     Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman informasi lengkap dan kurang sempurna, skor 75.

(c)     Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman informasi kurang lengkap, skor 50.

(d)     Jika kelompok tersebut tidak dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman informasi, skor 25.

 

Contoh Tabel:

No.

Nama Peserta didik

Aspek yang Dinilai

Jumlah Skor

Nilai

Ketuntasan

Tindak Lanjut

Kejelasan dan Kedalaman Informasi

T

TT

R

R

1

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2)       Keaktifan dalam diskusi

(a)     Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 100.

(b)     Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 75.

(c)     Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi, skor 50.

(d)     Jika kelompok tersebut tidak aktif dalam diskusi, skor 25.

Contoh Tabel:

No.

Nama Peserta didik

Aspek yang Dinilai

Jumlah Skor

Nilai

Ketuntasan

Tindak Lanjut

Keaktifan dalam Diskusi

T

TT

R

R

1

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3)       Kejelasan dan kerapian presentasi/ resume

(a)     Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan sangat jelas dan rapi, skor 100.

(b)     Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan jelas dan rapi, skor 75.

(c)     Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan sangat jelas dan kurang rapi, skor 50.

(d)     Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan kurang jelas dan tidak rapi, skor 25.

Contoh Tabel:

No.

Nama Peserta didik

Aspek yang Dinilai

Jumlah Skor

Nilai

Ketuntasan

Tindak Lanjut

Kejelasan dan Kerapian Presentasi

T

TT

R

R

1

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.       Pengayaan

Bagi peserta didik yang sudah menguasai materi yang telah disiapkan pada pengembangan materi “Nikmatnya Mencari Ilmu dan Indahnya Berbagi Pengetahuan”. Peserta didik dapat melanjutkan pembelajaran untuk mengerjakan soal pengayaan yang telah disiapkan oleh guru, berupa pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan pengembangan penerapan perilaku, atau model-model pengembangan lainnya, khususnya yang terkait dengan pengembangan materi.

 

Proses pengayaan pembelajaran ini merupakan kesempatan terbaik bagi guru untuk menerapkan semaksimal mungkin penerapan pengembangan materi pembelajaran yang direncanakan, karena upaya memfasilitasi peserta didik dalam menciptakan proses pembelajaran seaktif mungkin merupakan tanggung jawab guru sebagai fasilitator dan pembimbing, agar peserta didik dapat menikmati pembelajarannya dengan penuh kreativitas dan inovasi, dalam menerapkan perilaku menuntut ilmu.

 

Pengarahan dalam mengakses beragam sumber dengan menggunakan berbagai sumber belajar perlu dilakukan, agar perserta didik menemukan pemahaman nilai-nilai dan kualitas penghayatan dan pengamalan menuntut ilmu, dapat diperoleh dengan baik dan benar. Kemudian guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang telah berhasil dalam proses pengayaan tersebut.

 

6.       Remedial

Bagi peserta didik yang belum menguasai pemahaman kajian dan penerapan menunjukkan sikap semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. at-Taubah/9:122 dan hadits terkait, guru menjelaskan kembali materi tentang, membaca dan memahami, nikmatnya menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama, sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. at-Taubah/9:122 dan hadits terkait tersebut, dan melakukan penilaian kembali, dengan soal yang sejenis.

 

Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan, seperti: boleh pada saat pembelajaran apabila masih ada waktu atau diluar jam pelajaran, pada umumnya 30 menit setelah pulang sekolah.

 

Usahakan guru dapat menjelaskan dan menekankan kembali materi tentang penerapan perilaku menunjukkan sikap semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. at-Taubah/9:122 dan hadits terkait, dan kemudian guru melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis (yang telah diujikan) atau yang dikembangkan dan setara bobotnya, sesuai dengan situasi yang berkembang.

 

7.       Interaksi Guru dengan Orang Tua

Adanya interaksi guru dengan orang tua perlu dilakukan, salah satunya adalah guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom “Evaluasi” atau guru dapat melakukannya berdasarkan tugas-tugas dari beragam aktivitas yang diminta kepada peserta didik untuk menanggapi, melakukan dan menyelesaikan tugas, yang berada pada setiap kajian dalam buku teks peserta didik, kemudian orang tuanya turut memberikan komentar dan paraf.

 

Dapat juga dengan menggunakan buku penghubung kepada orang tua tentang perubahan perilaku peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau berkomunikasi langsung, dengan pernyataan tertulis atau lewat telepon tentang perkembangan kemampuan membaca dan memahami peserta didik, terkait dengan materi memahami, menerapkan dan mengamalkan Q.S. at-Taubah/9:122 dan hadits terkait, sebagai dasar kajian “Nikmatnya Mencari Ilmu dan Indahnya Berbagi Pengetahuan”.

 

Untuk mengetahui keberhasilan peserta didik dalam pengamalan agamanya, khususnya penerapan perilaku semangat menuntut ilmu, melalui pemahaman dan pengamalan Q.S. at-Taubah/9:122 dan hadits terkait, guru dapat mengembangkannya dengan memfasilitasi peserta didik kolom “Menerapkan Perilaku Mulia”.

 

Kemudian mengarahkan dan membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (√) pada kolom ‘selalu’, ‘sering’, ‘jarang’ atau ‘sudah menerapkannya dengan baik’, ‘kadang-kadang menerapkannya’, ‘akan menerapkannya’, dll (guru dapat mengembangkannya berdasarkan situasi dan kondisi) dalam buku teks peserta didik kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf.

 

Dapat juga dengan mengunakan buku penghubung kepada orang tua tentang perubahan perilaku peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau berkomunikasi langsung, dengan pernyataan tertulis, atau lewat telepon tentang perkembangan perilaku peserta didik, berkaitan dengan upaya menunjukkan sikap semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. at-Taubah/9:122 dan hadits terkait, terkait dengan materi, “Nikmatnya Mencari Ilmu dan Indahnya Berbagi Pengetahuan”.

 

 

 

 

 

                                                                                                                           Margaasih, 1 Februari 2021

 

Mengetahui

Kepala Sekolah PKBM ULIL AL-BAB                                                  Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

E. Darusman, BA                                                                                        Windi Junianti

NIP/NRK.                                                                                                     NIP/NRK.

 

 

Catatan Kepala Sekolah

....................................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................................

............................................................................................................................................................

Komentar