Resume Buku: Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Dra. Hj. Mukni'ah, M.Pd.I

 






RESUME BUKU

Judul                                     : Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Penulis                                 : Dra.Hj. Mukni’ah, M.Pd.I

Editor                                    : Abd. Muis

Layout                                  : Khoiruddin

Tahun Terbit                      : 2013 (Cetakan I)

Penerbit                              : STAIN Jember Press

Alamat Penerbit               : Jl. Jumat Mangli 94 Mangli Jember

Jumlah Halaman               :  xi + 137 halaman

BAB I PENDAHULUAN

Manajemen pembelajaran adalah suatu proses pengelolaan untuk merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan dan mengevaluasi proses belajara-mengajar yang merupakan interaksi antara pendidik dengan anak didik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Manajemen pendidikan Islam adalah suatu proses pengelolaan lembaga pendidikan Islam secara islami dengan cara menyiasati sumber-sumber belajar dan hal-hal lain yang terkait untuk mencapai tujuan pendidikan Islam secara efektif dan efisien. Manajemen adalah “suatu seni mengatur orang lain guna mencapai suatu tujuan atau menyelesaikan pekerjaan.

Mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu mata kuliah yang dikelompokkan ke dalam kurikulum inti diarahkan pada pembentukan karakter, watak dan sikap keberagam dalam kehidupan mahasiswa serta menjadi landasan dalam mengembangkan tingkat intelektualitas dalam diri mahasiswa sehingga menjadi pakaian hidupnya. Menurut penulis, ada beberapa masalah yang memerlukan perhatian khusus dalam manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam, antara lain; pengaturan alokasi waktu yang belum memadai dalam penjadwalan mata kuliah pendidikan agama Islam, perlu ada alokasi waktu khusus untuk praktek ibadah khusus untuk materi-materi tertentu, belum maksimalnya koordinasi secara rutin diantara dosen pengampu mata kuliah pendidikan agama Islam dalam menyusun perencanaan pembelajaran, belum ada buku ajar yang standar untuk digunakan seluruh mahasiswa yang program mata kuliah pendidikan Agama Islam agar bisa memotivasi mereka mengikuti perkuliahan, serta membantu dosen pada saat mengajar mata kuliah pendidikan agama Islam khususnya di kelas.

BAB II PERSPEKTIF MANAJEMEN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Menurut Syafruddin dan Irwan Nasution, sebagai seorang manajer dalam organisasi kelas pembelajaran, guru/ dosen setidaknya melakukan hal sebagai berikut: (1) merencanakan yaitu menyusun tujuan pembelajaran; (2) mengorganisasikan, yaitu menhubungkan atau menggabungkan seluruh sumber daya belajar mengajar dalam mencapai tujuan secara efektif dan efisien; (3) memimpin, yaitu memotivasi para peserta didik untuk siap mengikuti pelajaran; (4) mengawasi, yaitu apakah pekerjaan atau kegiatan belajar mengajar mencapai tujuan pembelajaran. Selain itu, terdapat beberapa aspek utama dalam manajemen pembelajaran, yaitu planning (perencanaan), organizing (pengoorganisasian), actuating (pelaksanaan pembelajaran), dan evaluating (evaluasi pembelajaran).

Pendidikan Agama Islam adalah pendidikan yang bertujuan untuk membentuk pribadi muslim seutuhnya, mengembangkan seluruh potensi manusia baik yang berbentuk jasmaniyah maupun rohaniyah, menumbuhsuburkan hubungan yang harmonis setiap pribadi manusia dengan Allah, manusia, dan alam semesta. Adapun tujuan pendidikan agama islam seperti yang telah dikemukakan pakar Islam, ‘Athiyah Al Abarasyi adalah: 1) untuk membantu pembentukan akhlak yang mulia; 2) persiapan untuk kehidupan dunia dan akhirat; 3) menumbuhkan rooh ilmiyah; 4) menyiapkan peserta didik dari segi professional; 5) persiapan untuk mencari rizki.

BAB III PERENCANAAN, PELAKSANAAN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN

Sama seperti mata pelajaran yang lainnya, bahwa perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam meliputi pengembangan silabus, program semester dan RPP. Sedangkan langkah-langkah pembelajarannya adalah sebagai berikut: 1) memulai pembelajaran; 2) penyampaian materi pembelajaran; 3) penggunaan alat pembelajaran; 4) metode pembelajaran; 5) pengelolaan kelas; 6) pengembangan hubungan interpersonal; dan 7) mengakhiri pembelajaran. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam evaluasi pembelajaran diantaranya: 1) alat penilaian (tes atau non tes); 2) aspek-aspek penilaian (kognitif, psikomotorik, afektif); 3) jenis penilaian (tes lisan dann tes tulis).

BAB IV MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAI SEBAGAI BASIS ANALISIS

Pada bab ini disajikan pembahasan sekaligus analisis terhadap temuan studi yang telah dirumuskan berdasarkan paparan data studi dan kajian teoritik yang relevan serta hasil dari interpretasi penulis. Analisis tersebut secara berturut-turut adalah sebagai berikut: 1) perenanaan pembelajaran pendidikan agama Islam yang dilakukan oleh dosen Pendidikan Agama Islam meliputi pengembangan silabus, program semester dan RPP yang dituangkan dalam Satuan Acara Perkuliahan (SAP); 2) pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang meliputi memulai pembelajaran, penyampaian materi pembelajaran, pengginaan alat pembelajaran, metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam, pengelolaan kelas, pengembangan hubungan interpersonal, mengakhiri pembelajaran; dan 3) evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang meliputi alat penilaian, jenis penilaian dan aspek-aspek penilaian.

 

Komentar