Resume Buku: Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Dra. Hj. Mukni'ah, M.Pd.I
RESUME BUKU
Judul : Manajemen
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Penulis : Dra.Hj. Mukni’ah,
M.Pd.I
Editor : Abd. Muis
Layout : Khoiruddin
Tahun Terbit : 2013 (Cetakan I)
Penerbit : STAIN Jember
Press
Alamat Penerbit : Jl. Jumat Mangli 94 Mangli
Jember
Jumlah Halaman :
xi + 137 halaman
BAB I PENDAHULUAN
Manajemen
pembelajaran adalah suatu proses pengelolaan untuk merencanakan,
mengorganisasikan, melaksanakan dan mengevaluasi proses belajara-mengajar yang
merupakan interaksi antara pendidik dengan anak didik untuk mencapai tujuan
pembelajaran. Manajemen pendidikan Islam adalah suatu proses pengelolaan
lembaga pendidikan Islam secara islami dengan cara menyiasati sumber-sumber
belajar dan hal-hal lain yang terkait untuk mencapai tujuan pendidikan Islam
secara efektif dan efisien. Manajemen adalah “suatu seni mengatur orang lain
guna mencapai suatu tujuan atau menyelesaikan pekerjaan.
Mata kuliah
Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu mata kuliah yang
dikelompokkan ke dalam kurikulum inti diarahkan pada pembentukan karakter,
watak dan sikap keberagam dalam kehidupan mahasiswa serta menjadi landasan
dalam mengembangkan tingkat intelektualitas dalam diri mahasiswa sehingga
menjadi pakaian hidupnya. Menurut penulis, ada beberapa masalah yang memerlukan
perhatian khusus dalam manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam, antara
lain; pengaturan alokasi waktu yang belum memadai dalam penjadwalan mata kuliah
pendidikan agama Islam, perlu ada alokasi waktu khusus untuk praktek ibadah
khusus untuk materi-materi tertentu, belum maksimalnya koordinasi secara rutin
diantara dosen pengampu mata kuliah pendidikan agama Islam dalam menyusun
perencanaan pembelajaran, belum ada buku ajar yang standar untuk digunakan
seluruh mahasiswa yang program mata kuliah pendidikan Agama Islam agar bisa
memotivasi mereka mengikuti perkuliahan, serta membantu dosen pada saat
mengajar mata kuliah pendidikan agama Islam khususnya di kelas.
BAB II PERSPEKTIF
MANAJEMEN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Menurut Syafruddin
dan Irwan Nasution, sebagai seorang manajer dalam organisasi kelas
pembelajaran, guru/ dosen setidaknya melakukan hal sebagai berikut: (1)
merencanakan yaitu menyusun tujuan pembelajaran; (2) mengorganisasikan, yaitu
menhubungkan atau menggabungkan seluruh sumber daya belajar mengajar dalam
mencapai tujuan secara efektif dan efisien; (3) memimpin, yaitu memotivasi para
peserta didik untuk siap mengikuti pelajaran; (4) mengawasi, yaitu apakah
pekerjaan atau kegiatan belajar mengajar mencapai tujuan pembelajaran. Selain
itu, terdapat beberapa aspek utama dalam manajemen pembelajaran, yaitu planning
(perencanaan), organizing (pengoorganisasian), actuating (pelaksanaan
pembelajaran), dan evaluating (evaluasi pembelajaran).
Pendidikan Agama
Islam adalah pendidikan yang bertujuan untuk membentuk pribadi muslim
seutuhnya, mengembangkan seluruh potensi manusia baik yang berbentuk jasmaniyah
maupun rohaniyah, menumbuhsuburkan hubungan yang harmonis setiap pribadi
manusia dengan Allah, manusia, dan alam semesta. Adapun tujuan pendidikan agama
islam seperti yang telah dikemukakan pakar Islam, ‘Athiyah Al Abarasyi adalah:
1) untuk membantu pembentukan akhlak yang mulia; 2) persiapan untuk kehidupan
dunia dan akhirat; 3) menumbuhkan rooh ilmiyah; 4) menyiapkan peserta didik
dari segi professional; 5) persiapan untuk mencari rizki.
BAB III PERENCANAAN,
PELAKSANAAN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN
Sama seperti mata
pelajaran yang lainnya, bahwa perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam
meliputi pengembangan silabus, program semester dan RPP. Sedangkan langkah-langkah
pembelajarannya adalah sebagai berikut: 1) memulai pembelajaran; 2) penyampaian
materi pembelajaran; 3) penggunaan alat pembelajaran; 4) metode pembelajaran;
5) pengelolaan kelas; 6) pengembangan hubungan interpersonal; dan 7) mengakhiri
pembelajaran. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam evaluasi pembelajaran
diantaranya: 1) alat penilaian (tes atau non tes); 2) aspek-aspek penilaian
(kognitif, psikomotorik, afektif); 3) jenis penilaian (tes lisan dann tes
tulis).
BAB IV MANAJEMEN
PEMBELAJARAN PAI SEBAGAI BASIS ANALISIS
Pada bab ini
disajikan pembahasan sekaligus analisis terhadap temuan studi yang telah
dirumuskan berdasarkan paparan data studi dan kajian teoritik yang relevan
serta hasil dari interpretasi penulis. Analisis tersebut secara berturut-turut
adalah sebagai berikut: 1) perenanaan pembelajaran pendidikan agama Islam yang
dilakukan oleh dosen Pendidikan Agama Islam meliputi pengembangan silabus,
program semester dan RPP yang dituangkan dalam Satuan Acara Perkuliahan (SAP);
2) pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang meliputi memulai
pembelajaran, penyampaian materi pembelajaran, pengginaan alat pembelajaran,
metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam, pengelolaan kelas, pengembangan
hubungan interpersonal, mengakhiri pembelajaran; dan 3) evaluasi pembelajaran
Pendidikan Agama Islam yang meliputi alat penilaian, jenis penilaian dan
aspek-aspek penilaian.
Komentar
Posting Komentar