RPP "Teks Prosedur" Paket B Tingkat III (setara SMP kelas VII dan VIII)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
PKBM ULIL AL-BAB
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Tingkat/ Derajat/ Kelas :
III/ Terampil 1/ VII
Semester :
Genap
Materi Pokok :
Teks Prosedur
Alokasi Waktu :
1 Minggu x 2 Jam Pelajaran @40 menit
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghargai dan
Menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun dan percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami
pengetahuan (faktiial, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
KI 4 : Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/ teori
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar |
Indikator |
3.5
Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara
membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas
daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan/atau didengar |
3.5.1 Menjelaskan isi teks prosedur (cara
memainkan alat musik daerah, cara memeragakan tarian daerah, atau cara
membuat kuliner khas daerah, dll.) 3.5.2
Menanggapi isi teks prosedur (kejelasan perintah atau urutan) |
4.5
Menyimpulkan isi teks prosedur tentang cara memainkan alat musik daerah,
tarian daerah, cara membuat cinderamata, dan atau kuliner khas daerah yang dibaca
dan didengar |
4.5.1 Menentukan pokok-pokok isi teks
prosedur yang dibaca dan didengar 4.5.2
Menyimpulkan isi teks prosedur yang dibaca dan didengar |
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mempelajari modul “Melestarikan Warisan Budaya Indonesia”, peserta didik diharapkan
dapat :
1.
Membangun
pemahaman mengenai teks prosedur yang berisi petunjuk cara pembuatan,cara
menggunakan, atau cara penyajian beragam warisan budaya berupa kuliner khas daerah dan alat musik tradisional.
2.
Memahami dan
dapat menjelaskan pengertian, tujuan, jenis, ciri dan aspek kebahasaan teks
prosedur.
D.
Materi
Pembelajaran
1. Mengamati
dan membaca beberapa teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara
membuat
2. Mendiskusikan
pengertian dan tujuan komunikasi/fungsi sosial teks prosedur
3. Menjelaskan
isi teks prosedur yang dibaca
4. Mengidentifikasi
jenis, ciri dan bahasa yang digunakan pada teks prosedur
E.
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan : Saintific
2.
Metode : ceramah, diskusi
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop,
infocus
2.
Power
point
3.
Lembar
kerja
G.
Sumber
Belajar
Modul 3 Warisan
Budaya Indonesia, Bahasa Indonesia Paket B Setara SMP, Kemendikbud Tahun 2017
H.
Langkkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (10 menit) |
Guru
: Orientasi v
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Allah YME dan berdo’a
untuk memulai pembelajaran v
Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin Apersepsi v
Mengaitkan
materi/ kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta
didik v
Mengajukan pertanyaan
yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan Motivasi v
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari v
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung Pemberian Acuan v
Memeberikan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu v
Pembagian kelompok
belajar |
Kegiatan
Inti (60 menit) |
Kegiatan
Literasi Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi dengan cara: v
Melihat Menayangkan
power point yang berisi materi v
Mengamati Pemberian
contoh-contoh dari kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan materi v
Membaca Membaca
beberapa contoh teks prosedur dari modul v
Menulis Menulis
rangkuman hasil pengamatan dan belajar terkait teks proosedur v
Mendengar Pemberian
materi mengenai teks prosedur (pengertian, tujuan, jenis, ciri, dan ciri
bahasa pada teks prosedur) v
Menyimak Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/ global tentang teks prosedur Critical Thinking (Berpikir Kritik) Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi,
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati. Untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang diperlukan untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Collaboration (Kerjasama) Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: v
Mendiskusikan Peserta
didik dan guru mendiskusikan tentang materi yang sudah disampaikan guru,
menentukan tujuan dan persamaan dari 3 teks prosedur yang sudah dibaca,
mendaftarkan penggunaan kalimat dan kata pada teks prosedur yang sudah dibaca v
Mengumpulkan
Informasi Mencari
dan mencatat semua informasi tentang materi dan tugas yang diberikan v
Mengolah
informasi Mengolah
informasi dari materi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan diskusi pada
lembar kerja v
Mempresentasikan
ulang Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri mengenai materi sesuai dengan pemahaman dan hasil diskusi
kelompoknya v
Saling tukar
informasi Setiap
peserta didik dalam kelompok saling menanggapi secara aktif, sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan bahan diskusi. Communication (Berkomunikasi) v
Menyampaikan
hasil diskusi tentang teks prosedur v
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentang materi dan ditanggapi oleh kelompok
yang mempresentasikan v
Bertanya atas
presentasi tentang materi yang dilakukan oleh peserta didik lain dan peserta
didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya Creativity (Kreativitas) v
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran v
Menjawab pertanyaan
tentang materi yang ada pada lembar kerja v
Bertanya tentanag
hal yang belum dipahami v
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi yang terdapat pada modul |
Kegiatan
Penutup (10 menit) |
Peserta
didik : v
Membuat resume dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul selama kegiatan pembelajaran v
Mengagendakan
pekerjaan rumah Guru : v
Memeriksa dan
memberi nilai untuk pekerjaan siswa yang sudah selesai v
Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik |
I.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
1.
Penilaian
kompetensi pengetahuan
a.
Tes
tertulis (Pilihan ganda dan Essay)
b.
Tes
Lisan (Pemaparan materi dari pemahaman siswa)
2.
Penilaian
kompetensi keterampilan
a.
Lembar
kerja
b.
Diskusi
Margaasih, 1 Februari 2021
Mengetahui
Kepala Sekolah PKBM ULIL AL-BAB Guru
Mata Pelajaran
E. Darusman, BA Windi
Junianti
Komentar
Posting Komentar